Senin, 16 Maret 2015

#PSIKOTERAPI TUGAS 1


Pengertian Psikoterapi

Menurut Sarwono (2009), psikoterapi adalah upaya intervensi oleh psikoterapis terlatih agar kliennya bisa mengatasi persoalan. Pada dasarnya metode psikoterapi adalah wawancara tatap muka perorangan, tetapi pada praktiknya banyak variasi yang digunakan tergantung dengan teori yang dipakai dan masalah klien. jadi menurut saya psikoterapi adalah suatu teknik dimana terjadi interaksi antara dua pihak yaitu antara klien dan terapis untuk penyembuhan secara psikologis.

Tujuan Psikoterapi

Tujuan psikoterapi adalah untuk mengembalikan keadaan kejiwaan klien yang terganggu (mulai dari masalah ringan - gangguan mental berat) agar bisa berfungsi kembali dengan optimal sehingga klien tersebut bisa merasa dirinya lebih sehat mental (Sarwono: 2009). Lebih terfokus kepada gangguan yang lebih serius dan untuk mengobati pasien dengan cara memberikan obat-obatan dan kadang-kadang dengan terapi elektrokonvulsif dan psikobedah.

Unsur-Unsur Psikoterapi  

Masserman (Dalam maulany, 1997) melaporkan delapan "parameter pengaruh" dasar yang mencakup unsur-unsur lazim pada semua jenis psikoterapi, yaitu:
  1. Peran sosial (martabat)
  2. Hubungan (persekutuan terapeutik)
  3. Hak
  4. Retrospreksi
  5. Reduksi
  6. Rehabilitasi, memperbaiki gangguan perilaku berat
  7. Resosialisasi
  8. Rekapitulasi
Sumber :
 Sarwono, S.W. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Maulany, R.F (1997). Buku Saku Psikiatri: Residen Bagian Psikiatri UCLA.
Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar