Senin, 26 November 2012

KEADILAN DAN TANGGUNG JAWAB




 TUGAS IBD 3



1.Sebutkan macam-macam keadilan berikan contoh masing-masing 2 contoh!
   jawab:
 
a. Keadilan Legal atau Keadilan Moral 
   yaitu keadilan berdasarkan Undang-undang (obyeknya tata masyarakat) yang dilindungi UU untuk kebaikan bersama
Contoh:
   -warga negara mempunyai hak sama dimata hukum
   - Setiap anak wajib menyelesaikan wajib belajar 12 tahun  
   
  
b.keadilan distributif
   yaitu keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang apa yang menjadi haknya berdasarkan asas proporsionalitas atau kesebandingan berdasarkan kecakapan, jasa atau kebutuhan.
 contoh: 
-pegawai suatu perusahaan memperoleh gaji yang berbeda,berdasarka masa kerja ,golongan    kepangkatan,jenjang pendidikan,atau tingkat kesulitan pekerjaan.

-pengajar les yang telah mengajar sebulan dan yang mengajar dua bulan harus dibedakan gajinya walaupun mereka mengajar mata pelajaran yang sama


c.Keadilan komutatif
  yaitu keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang apa yang menjadi bagiannya berdasarkan hak seseorang (diutamakan obyek tertentu yang merupakan hak seseorang).
 Contoh: 
-seseorang yang telah melakukan kesalahan /pelanggaran tanpa memandang kedudukannya dia tetap dihukum sesuai dengan kesalahan /pelanggran yang telah dibuatnya

-keadilan dalam Lalu lintas di jalan
           

2.Berikan contoh ketidak adilan didalam keluarga yang anda lihat di lingkungan sekitar 
berikan contoh!
   contoh:
 -Anak yang masih di bawah umur sudah harus bekerja dan putus sekolah seharusnnya
di usianya ia memporelah hak dan kewajiban yang seharusnya ia dapatkan yaitu bermain dengan anak seusianya,sekolah dll.
-ani dan santi adalah kakak beradik tetapi ani yang lebih disayang oleh ibunya dibandingkan santi karena santi adalah anak tirinya seharusnya ibunya tidak boleh membedakan kasih sayangnya terhadap ana dan santi


3.Sebutkan macam-macam tanggung jawab dan berikan contoh tanggung jawab anda sebagai  mahasiswa dalam macam-macam tanggung jawab tersebut!
Jawab:
1)Tanggung jawab terhadap diri sendiri 
     contohnya:
-Kita harus menjaga diri sendiri dari segala sesuatu yang bisa merusak diri misalnya menjaga diri  agar  terhindar dari pergaulan bebas seperti sex bebas,narkoba

- Sebagai mahasiswa mampu melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar, belajar sungguh-sungguh sebagai penerus bangsa agar penjajahan baik dari dalam maupun luar tidak terjadi

2).Tanggung jawab terhadap keluarga
    contohnya:
-Membantu orang tua dalam hal yang menyangkut pekerjaan yang ada di rumah ,contoh nya membersihkan rumah,memasa
-Membuat orang tua bangga dengan prestasi, membantu orang Tua dan membahagiakan mereka juga menjadi teladan bagi adik

3)tanggung jawab terhadap tuhan
    contohnya:
-sholat 5 waktu bagi orang yang beragama muslim merupakan sebuah tanggung jawab yang harus mereka lakukan terhadap tuhannya

-menjalankan semua perintahnya dan menjahui larangannya .karena apabila kita melanggar kita akan mendapat ganjaranya di akhirat.

4)Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara 
    contohnya:
   -Memahami dan mengamalkan ideologi, yakni Pancasila dalam kehidupan sehari-hari 
   -Melestarikan budaya bangsa dan menciptakan hal hal baru sesuai bidang untuk membanggakan Bangsa

5) Tnggung Jawab terhadap masyarakat
     contohnya:
     -ikut gotomg royong untuk membersihkan lingkungan sekitar
     -mentaati semua aturan yang telah ditetapkan oleh masyarakat setempat misalnya sikamling jaga malam 


4)Sebutkan unsur-unsur dalam pandangan hidup jelaskan!
    Jawab:
    

1.Cita-cita
Cita-cita merupakan pandangan hidup manusia yang berorientasi pada pandangan di masa depannya. Manusia mempunyai tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang. Semua itu menjadi pemikiran manusia untuk menentukan pandangan hidupnya untuk mencapai tujuan atau cita-citanya. Seperti apa cita-cita kita nanti, pasti akan menentukan pandangan hidupnya dari sekarang.

2.kebajikan atau kebaikan
Kebajikan atau kebaikan adalah perbuatan moral manusia yang mengarah pada norma agama. Pandangan hidup kita tentang menilai sesuatu itu baik atau buruk akan mempengaruhi pandangan hidup atau langkah manusia untuk mencari kebaikan atau keburukan. Semua tercermin dari tingkah laku manusia itu sendiri. Langkah manusia untuk menilai baik atau buruknya sesuatu berimbas pada pandangan hidup manusia itu sendiri dan menjadikan kita seperti apa nantinya.

3.Usaha atau perjuangan
Usaha atau perjuangan adalah bentuk kerja keras untuk mewujudkan tujuan atau cita-cita. Tanpa adanya usaha, hidup manusia tak ada artinya. Manusia diciptakan berakal dan berindra, di mana apa yang dititipkan-Nya harus dipotensialkan sesuai kemampuannya.

4.Keyakinan atau kepercayaan
 Keyakinan atau kepercayaan berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Manusia memiliki pandangan tidak mau akan menjadi pedoman untuk mengantarkan mereka pada tujuan atau cita-cita tersebut. Maka yang sebaiknya dilakukan manusia adalah memikirkan, merancang, atau menentukan langkah- langkahrgaula berpandangan hidup yang baik.

    
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar