#PTI 3 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik
Pengertian Prestasi Belajarr
Winkel ( 1987)
menyatakan bahwa prestasi belajar
adalah hasil penilaian pendidik terhadap proses belajar dan hasil
belajar siswa. Penilaian yang dimaksud
adalah penilaian yang dilakukan untuk menentukan seberapa jauh proses
belajar dan hasil belajar telah sesuai dengan tujuan intruksional yang sudah
ditetapkan baik menurut aspek isi maupun
aspek prestasi.
Banyak cara untuk mengukur prestasi belajar siswa.
Pelajar dapat melakukanya dengan cara mengajukan pertanyaan lisan, memberikan
pekerjaan rumah atau tugas tertulis atau melihat penampilan actual dari tugas
ketrampilan dan tes tertulis (crow and crow 1984). Winkel (1983) berpendapat
bahwa cara mana yang akan digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa
biasanya berkaitan dengan tujuan dan bidang prestasi belajar yang akan di
evaluasi.
Seiring
perkembangan zaman, pemanfaatan internet untuk pendidikan di Indonesia
khususnya di perguruan tinggi terus berkembang yang dipelopori oleh Institut
Teknologi Bandung. Pemanfaatan internet untuk pendidikan ini tidak hanya untuk
pendidikan jarak jauh, akan tetapi juga dikembangkan dalam sistem pendidikan konvensional.
Kini sudah banyak lembaga pendidikan terutama perguruan tinggi yang sudah mulai
merintis dan mengembangkan model pembelajaran berbasis internet dalam mendukung
sistem pendidikan konvensional.
teknologi informatika
sangat penting dan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam dunia pendidikan.
Pembelajaran berbasis IT merupakan pembelajaran yang memadukan antara suatu
proses pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran. Media terdebut
bersifat teknologi, baik itu berupa iternet, penggunaan video, LCD (infokus)
dan lain-lain. Suatu proses pembelajaran berbasis IT sangat memungkinkan siswa
untuk bisa bereksplorasi, berkreatifitas , menyesuaikan diri dengan
perkembangan zaman, dan tentunya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
Internet sebagai
media baru belum memasyarakat. Demikian pula orang-orang yang terlibat dalam
lembaga pendidikan belum terbiasa menggunakan internet. Penyelenggaraan
pendidikan nasional yang bersifat konvensional, mengalami banyak kendala ketika
dituntut untuk memberikan pelayanannya bagi masyarakat luas Kendala tersebut
antara lain keterbatasan finansial, jauhnya lokasi, dan keterbatasan jumlah
institusi. Saat ini telah berkembang teknologi informasi yang dapat dimanfaatan
untuk mengatasi kendala tersebut. Sudah saatnya teknologi informasi
dimanfaatkan secara optimal dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.
Terlebih di masa depan pendidikan akan mengahadapi persaingan global yang
sangat ketat. Agar dapat memenangkan ataupun dapat ikut bermain dalam dinamika
global membutuhkan prasyarat kekuatan kepercayaan diri dan kemandirian.
Pentingnya suatu media dalam pembelajaran menegaskan
pula bahwa peran pembelajaran berbasis IT pun sangat penting. Saat ini di
setiap sekolah – sekolah hampir secara keseluruhan telah mengenalkan
pembelajaran berbasis IT di sekolah-sekolahnya.
- Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif
- Mampu menimbulkan rasa senang selama pembelajaran berlangsung, sehingga akan menambah motivasi belajar siswa
- Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mengukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran
- Mampu memvisualisasikan materi yang abstrak
- Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel
- Membawa obyek yang sukat didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar
- Menampilkan objek yang terlalu besar ke dalam kelas; dan
- Menampilkan objek yang tidak dapat dilihat secara langsung.
Pembelajaran berbasis IT saat ini banyak di
gunakan di sekolah-sekolah terutama di kota memiliki pengaruh yang sangat besar
sekali terhadap prestasi siswa. Proses belajar mengajar yang menggunakan media
pembelajaran akan dapat mempermudah proses belajar mengajar, selain itu hal
tersebut membuat proses belajar mengajar menjadi lebih evektif dan efisien.
Penggunaan media terutama media yang berbasis IT selain dapat membantu siswa
dalam pembelajaran juga menambah ilmu pengetahuan kepada siswanya tentang
bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa
dapat mengikuti perkembangan zaman
faktor
yang mempengaruhi prestasi belajar digolongkan menjadi dua yaitu:
faktor yang mempengaruhi prestasi belajar digolongkan
menjadi dua yaitu:
1) Faktor intern
Faktor ini berkaitan dengan segala yang berhubungan dengan
diri
siswa itu sendiri berupa motivasi, minat, bakat, kepandaian,
kesehatan, sikap, perasaan dan faktor pribadi lainnya.
2) Faktor ekstern
Faktor ini berhubungan dengan pengaruh yang datang dari luar
diri individu berupa sarapa dan prasarana, lingkungan, masyarakat, guru, metode
pembelajaran, kondisi social, ekonomi, dan lain sebagaianya.
Penggunan Internet sebagai media belajar
a. Internet
Internet adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan ribuan jaringan komputer yang melalui sambungan telepon umum maupun pribadi (pemerintah maupun swasta). Internet juga merupakan jaringan komputer yang saling terkoneksi dengan jaringan komputer lainnya ke seluruh penjuru dunia.Selain itu internet
juga mencakup perangkat lunak yaitu berupa data yang dikirim dan disimpan dan
sewaktu-waktu dapat diakses. Kumpulkan beberapa komputer yang saling
berhubungan satu sama lain dapat menciptakan fungsi sharing yang secara sederhana
hal ini dapat disebut jaringan networking. Berdasarkan beberapa pengertian di
atas dapat disimpulkan bahwa internet merupakan hubungan jaringan di dunia yang
berbeda sistem 16 operasi maupun aplikasinya dimana hubungan tersebut
memanfaatkan kemajuan media komunikasi yang menghubungkan situs akademik,pemerintahan,komersial
dan organisasi
b. Jenis layanan internet
Jenis layanan pada jaringan internet sudah mengalami perkembangan yang pesat beberapa tahun ini. Semakin banyak layanan yang tersedia, maka semakin banyak sumber informasi yang di dapatkan dari internet. Menurut mc bridge (2001:12) yang diahlikan bahasa oleh sugeng panut, layanan internet terdiri dari :
E-mail atau surat elektronik adalah fasilitas yang paling sederhana dan paling banyak digunakan antara fasilitas yang ada di internet. E-mail digunakan terutama untuk mengirimkan teks biasa meskipun dalam email dapat pula disertakan grafik,suara dan file data lainnya.
- Newsgroup
Newsgroup
merupakan perkembangan dari mail list, yang dapat diakses melalui e-mail.
Ribuan newsgroup mencakup berbagai bidang kepentingan, kegiatan, dan obsesi
yang luar biasa, banyaknya dari yang biasa sampainyang aneh-aneh.
- Menstransfer file
Digunakan
untuk mentransfer file ke atau darisana. Ini dapat dilakukan dengan komputer
yang jauh dengan memberikan perintah.
- Gopherspace
Merupakan paket program pelengkap yang
mengorganisasikan data dan memberikan akses informasi-informasi yang luar biasa
banyaknya
- World wide web
Merupakan segi terbaru dan paling menarik.
Disini ada beberapa juta halaman informasi yang tersimpan di host.
Fungsi Internet
- Internet sebagai media komunikasi
- Internet sebagai media pertukaran data
- Internet sebagai pencari informasi
Menurut Munir
(2008: 113-114) Ada dua jenis media pembelajaran, yaitu media pembelajaran
sederhana dan media pembelajaran modern. Media pembelajaran sederhana meliputi
papan tulis, sedangkan media pembelajaran modern meliputi komputer dan internet.
Jenis media pembelajaran yang lain, yaitu obyek nyata, buku, kertas flip
charts, papan tulis, OHP, power point, slide, video, grafik, audio, dan
software komputer. Media yang menampilkan gerak adalah video dan software komputer,
dan media yang hanya mereproduksi suara adalah audio dalam bentuk tape maupun
CD
Munir (2008: 113) berpendapat bahwa penggunaan media
pembelajaran, termasuk di dalamnya media pembelajaran berbasis TIK, akan
mendukung keberhasilan pembelajaran, karena memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut :
- Dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam terhadap materi pemebelajaran yang sedang dibahas, karena dapat menjelaskan konsep yang sulit atau rumit menjadi mudah atau lebih sederhana
- Dapat menjelaskan materi pembelajaran atau obyek yang abstrak (tidak nyata, tidak dapat dilihat langsung) menjadi 23 konkrit (nyata dapat dilihat, dirasakan, atau diraba), seperti menjelaskan peredaran darah dan organ-organ tubuh manusia pada mata pelajaran Sains.
- Membantu pengajar menyajikan materi pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat, sehingga peserta didik pun mudah dipahami, lama diingat dan mudah diungkapkan kembali.
- Menarik dan membangkitkan perhatian, minat, motivasi, aktivitas, dan kreativitas belajar peserta didik, serta dapat menghibur peserta didik.
- Materi pembelajaran yang sudah dipelajari dapat diulang kembali (playback). Misalnya menggunakan rekaman video, compact disk (cakram padat), tape recorder atau televisi.
- Dapat membentuk persamaan pendapat dan persepsi yang benar terhadap suatu obyek, karena disampaikan tidak hanya secara verbal, namun dalam bentuk nyata menggunakan media pembelajaran
- Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga peserta didik dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan tempat belajarnya, sehingga memberikan pengalaman nyata dan langsung. Misalnya peserta didik mempelajari tentang jenis-jenis tumbuhan. Mereka dapat langsung melihat, memegang, atau merasakan tumbuhan tersebut.
- Membentuk sikap peserta didik (aspek afektif), meningkatkan keterampilan (psikomotor).
- Peserta didik belajar sesuai dengan karakteristiknya, kebutuhan, minat, dan bakatnya, baik belajar secara individual, kelompok, atau klasikal.
- Menghemat waktu, biaya, dan tenaga.
Dari pendapat di atas
dapat disimpulkan bahwa TIK akan mendukung keberhasilan pembelajaran karena
dapat memberikan pemahaman yang lebih, penyajian materi pembelajaran lebih
menarik, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta dapat menghemat
waktu tenaga dan biaya
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar