Minggu, 21 Oktober 2012

TUGAS IBD#1


Nama :Dede Amalia
Npm:  11512771
Kelas: 1pa01

1.selidiki kebiasaan-kebiasaan yang berlaku dilingkungan rumah anda dan berikan pendapat tentang nilai yang berlaku pada lingkungan tersebut!

Salah satu kebiasaan yang terjadi di lingkungan rumah saya adalah ketika sebuah keluarga mengalami musibah misalnya apabila ada salah satu anggota keluarga meninggal dunia seperti lazimnya masyarakat yang lain tata cara mengurus orang yang meninggal  dunia. ada salah satu kebiasaan yang dilakukan di lingkungan sekitar rumah saya yaitu sebuah keluarga yang anggota keluarganya meninggal dunia diadakan “pengajian kuburan “ritual tersbut dilakukan sejak orang yang meninggal tersebut dikuburkan sampai  tujuh hari kemudian.Untuk melaksanakan ritual tersebut keluarga harus membayar dengan biaya yang relative mahal yaitu berkisar  10-12 juta rupiah.Biasanya satu kelompok pengajian sebanyak 4-5 orang dan mereka bergantian dalam mengaji kuburan tersebut.Oleh karena itulah tidak banyak keluarga yang berani untuk melaksanakan ritual tersebut karena terganjal dengan masalah  biaya yang cukup besar.
Nilai yang dapat diambil dari ritual tersebut adalah masalah keyakinan,dimana orang yang melakukan ritual tersebut merasa nyaman telah melakukanya,karena mereka berkeyakinan dengan  banyaknya ayat-ayat suci al quran  yang dibacakan dan doa-doa yang dipanjatkan untuk ahli kubur akan mendapatkan pertolongan dari Allah Swt.Sekali lagi ini adalah masalah keyakinan seseorang dan hukum melaksanakannya juga tidak diwajibkan.
Hal positif yang dapat diambil dari kebiasaan tersebut adalah  pedulian keluarga yang meninggal dunia.Adapun dampak negatifnya adalah yang keluarga harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dalam keadaan keluarga yang sedang berduka,walaupun biasanya yang masih melakukan ritual tersebut biasanya orang-orang  yang secara ekonomi bercukupan.

2.Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi  terjadinnya perubahan kebudayaan dan berikan contoh!

Bencana Alam
Bencana alam yang menimpa masyarakat dapat mempengaruhi perubahan budaya contohnya: Seperti saat terjadi bencana banjir,longsor dengan terjadinya bencana tersebut sebagian masyarakat akan dievakusi  dan dipindahkan ke daerah yang baru,disanalah mereka harus beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan budaya daerah tersebut.Sehingga lama-lama kemudian mereka akan membentuk kebudayaan baru dan mulai melupakan budaya asli mereka.

Konflik Sosial
Konflik social dapat mempengaruhi  terjadinya peubahan kebudayaan  dalam suatu masyarakat contohnya:konflik diantara penduduk pendatang dengan penduduk asli setempat.

3.Ilmu budaya dasar sering dihubungkan dengan kesusastraan dalam prosa dan puisi .Berikan contoh nilai- nilai yang diperoleh pembaca buat sastra baik prosa dan puisi!

CONTOH PUISI KEBUDAYAAN

BUDAYA INDONESIA YANG HILANG
Oleh Dhono Wareh

Indonesia kaya akan budaya
Beragam banyak pulau,beragam pula kebudayaannya
Namun kebudayaan itu telah hilang
Banyak kebudayaan luar yang silir berganti
Dimanakah jati diri Indonesia?
Akankah jati diri itu kembali lagi?
Tapi sayangnya semuan itu hanya mimpi
Banggkit,bangkit lah Indonesia
Bertahun-tahun pejuang membela tanah air Indonesia
Untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia
Dia berbaring,tetapi bukan tidur
Sebuah lubang peluru bundar di dadanya
Senyum bekunya mau berkata,kita sedang perang
Kedua  lengannya memelik senapan
Menagkap sepi padang senja
Wahai pemuda-pemudi Indonesia
Hargailah kebudayaan Indonesia
Janganlah kalian malu mengakui
Bahwa itu kebudayaan Indonesia                                        

Sumber dari: http://dhono-wareh.blogspot.com                                                                                               

Nilai yang terkandung,Karena kebudayaan itu aset Negara.Nilai yang terkandung dalam puisi ini adalah perjuangan pejuang dalam membela negara Indoneisa, tetapi pemuda-pemudi sekarang kurang membela bangsanya sendiri.


NUANSA BUDAYA INDONESIA
Oleh Destriani Hamidah

Indahnya negeri ini
dalam buaian ibu pertiwi
negri ini di penuhi dengan keberagaman
nuansa keindahan budaya indonesia

Bangsa ini kaya akan budaya
penuh dengan symphoni yang indah
mengapa tidak kita lestarikan ?
mengapa tidak kita pertahankan ?

Ini bangsa kita..
ini negri kita..
ini kebudayaan kita..
kita hidup, kita dewasa dalam negeri tercinta ini

Kini saatnya untuk kita saling bersatu
saling melestarikan budaya
saling menjaga apa yang akan kita lestarikan
dan mempertahankan nuansa budaya indonesia.
i kita

 Sumber dari: http://www.lokerpuisi.web.id/2012/05/nuansa-budaya-indonesia.html

CONTOH PROSA KEBUDAYAAN

Malin kundang
dahulu kala, di daerah sumbartepatnya di pantai air manis, padang hiduplah seorang anak bernama malin kundang ia hidup bersama ibunya waktu berputar dengan cepat, malin pun beranjak dewasaia meminta restu ibunya untuk pergi merantau ke negeri orang semula, ibunya tidak mengizinkankarena malin adalah anak semata wayang tetapi, akhirnya ibunya mengizinkan malin merantau dengan sedikit tidak relaakhirnya malin pergi merantauia menaiki sebuah kapaldi kapal tersebut, ia bekerja karena malin sangat rajin, pemiliki kapal merasa senang dan mengenalkan malin pada putrinya setelah berkenalan cukup lama dengan putri sang pemiliki kapal, mereka pun menikah malin pun hidup penuh kemewahan karena sang pemilik kapal sangat kaya suatu hari, sang istri mengajak malin berjalan2 ke suatu tempat di saat itu, sang istri tidak tahu bahwa tempat itu adalah tanah asal malin karena malin mengaku yatim piatu kepada sang istri awalnya malin takut menanggapi ajakan sang istri tetapi, akhirnya mereka tetap pergi ke tempat itu saat kapal malin merapat ke daratan, orang2 melihat malin dan memberi tahukan ibu malin bahwa malin telah pulang ibu yang sangat rindu pada anak semata wayangnya ini, langsung menghampiri malin dan berbicara pada malin malin yang malu melihat ibunya yang miskin dengan pakaian compang-camping, tidak mengakui bahwa itu adalah ibu kandungnya ibunya pun sedih dan mengutuk malin menjadi batu dan tak lama kemudian, tiba-tiba malin dan semua orang yang ada di kapal itu berubah menjadi batu kapalnya pun ikut berubah menjadi batu


janganlah durhaka terhadap orang tua apalagi terhadap ibu kita.Durhaka terhadap orang tua apalagi terhadap seorang ibu merupakan perilaku yang tercela dan sangat dilarang oleh agama. Ingatlah bahwa Surga berada di bawah telapak kaki ibu. Oleh karena itu, berprilaku baik dan lemah lembut lah terhadap ibu kita.


SANGKURIANG
Karena malas mengambil teropong benangnya yang jatuh, Dayang Sumbi mengucap: kalau ada yang membantu mengambilkan teropong, maka akan dijadikan suami. Ternyata Lengser, pegawai kerajaan, yang mengambilkan. Maka ayah Sumbi, Raja Prabangkara, yang playboy, marah ketika mendengar Sumbi hamil. Lengser jadi anjing ketika diumpat raja, Sumbi diusir ke hutan. Lahirlah Jaka Sona, yang selalu ditemani Tumang, anjing, ayahnya yang tak dikenalinya. Ketika Sumbi minta hati menjangan, Jaka mencarikan. Karena kesal tak dapat menjangan, ia takut-takuti Tumang. Panah melesat, Tumang tewas dan kembali jadi manusia. Ia paksa hatinya diambil Sangkuriang dan diserahkan pada Sumbi. Ketika tahu Tumang tewas, Sumbi marah dan mengusir Jaka, yang lalu bernaung di sebuah gua.

Di sinilah ia mendengar suara gaib, bertapa sembilan tahun, mendapat kesaktian dan berubah jadi Sangkuriang. Ia lalu turun gunung membantu rakyat yang ditindas Prabangkara yang sebenarnya kakeknya sendiri. Ibunya hanya ditemui kuburannya dan Sangkuriang harus berhadapan dengan raja dan para prajuritnya. Waktu menghindar dari kejaran para prajurit, ia bertemu dengan wanita yang mengaku bernama Larasati, yang mirip Sumbi. Mereka saling jatuh cinta, tapi lalu Larasati alias Sumbi yang menyamar untuk menghindar dari pencarian ayahnya, mengenali Sangkuriang itu anaknya dari bekas luka di kepalanya. Dikatakanlah siapa dirinya sebenarnya, tapi Sangkuriang tak mau tahu, karena Sumbi tak mau mengatakan siapa ayahnya ketika didesak. Maka ketika Sangkuriang tetap mendesak untuk kawin, Sumbi memberi syarat: membendung Citarum, membuat danau, membangun perahu. Syarat dipenuhi, bahkan sambil berduel dengan Prabangkara di tengah usahanya itu. Prabangkara tewas. Usaha penyadaran Sumbi tetap tak berhasil. Sangkuriang tetap ngotot mengajak kawin. Ketika Sumbi hendak dicium, tiba-tiba berubah jadi bunga. Sangkuriang menyesal. Perahu yang sudah jadi ditendang dan jadi gunung Tangkuban Perahu.
Cerita rakyat nusantara.com                                              
Nilai yang terkandung dalam prosa di atas adalah bahwa dikalangan sunda,jawa barat percintaan atau pernikahan diantara ibu dan anak  merupakan perbuatan yang dilarang( haram).untuk itu janganlah kita melakukan pernikahan sedarah.

Sumber dari: http://niumaniaalliva.blogspot.com







Tidak ada komentar:

Posting Komentar