Senin, 29 Oktober 2012



MANUSIA DAN CINTA KASIH

Soal 1

Cinta menurut  Dr. Sarlito W. Sarwono memiliki tiga unsur, yaitu :

1.keterikatan(cinta setia) 
adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.contohnya:cinta kepada tuhan,cinta kepada orang tua
contohnya:cinta kepada tuhan,cinta kepada manusia

2.keintiman(cinta saudara)
kebiasaan kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang.contonya:cinta kepada kakak,cinta kepada teman

3.kemesraan(cinta rayuan)
adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapanyang mengungkapkan rasa sayang.contohnya:cinta kepada kekasih,cinta pasangan suami-istri

soal 2

a)Nilai estetik keindahan terbagi 2 yaitu:
  
Nilai ekstrinsik : sifat baik suatu benda sebagai alat untuk sesuatu hal lainnya
Nilai intrinsik   : sifat baik dari benda yang bersangkutan atau sebagai suatu tujuan  ataupun demi 
                          kepentingan benda itu sendiri.
contohnya:
1)Musik,musik terdiri dari melodi,irama,birama itu disebut nilai ekstrinsik,sedangkan pesan yang disampaikan     musik tersebut disebut nilai intrinsic

2)Tarian,tarian terdiri dari gerak tenaga dan waktu itu disebut nilai ekstrinsik,dan pesan yang ingin disampaikan penari dalam tarian tersebut di sebut nilai intrinsik.

b).Keserasian adalah kemampuan menata sesuatu yang dapat dinikmati orang lain karena indah. Keserasian itu dikatakan indah karena cocok, sesuai, pantas, serta keterpaduan beberapa kualitas.contohnya:
kemampuan menata dekorasi dalam rumah, rias pengantin, cara berpakaian, ataupun taman dengan aneka warna bunga. Dalam penataan itu terdapat keterpaduan beberapa kualitas, yaitu ukuran, warna, tata letak, susunan, macam bahan dalam satu komposisi yang cocok, sesuai dan pantas. 

soal 3
contoh penderitaan dalam kehidupan sehari-hari saya adalah saat rumah saya kerampokan kejadian itu terjadi pada pagi hari.saat itu rumah saya dalam keadaan sepi,perampok itu masuk kerumah saya dan mengambil laptop saya yang berada di dalam kamar saya.sebab-sebabnya mungkin rumah saya kalau pagi hari kondisinya sangat sepi jadi memudahkan perampok untuk masuk kerumah saya.pengaruhnya saya menjadi sangat susah/kesulitan untuk mengerjakan tugas sekolah saya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar